Tips menghemat tagihan listrik


Biaya pengeluaran listrik sering membengkak? Bisa jadi Anda kurang cermat mengelola keuangan. Sebenarnya Anda bisa menghemat pengeluaran dengan mengubah kebiasaan Anda. Beberapa kebiasaan sepele seperti lupa mematikan lampu bisa membengkakkan tagihan Anda. Simak trik menghemat tagihan listrik dilansir Reader Digest Asia.

1. Matikan lampu
Biasakan pada keluarga Anda untuk mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, kecuali Anda tidak meninggalkan ruangan tersebut dalam waktu lama. Optimalkan penggunaan cahaya matahari sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

2. Gunakan peralatan memasak yang sederhana
Peralatan memasak sederhana biasanya lebih efisien. Contohnya, gunakan pemanggang daripada pemanggang listrik. Selain itu pakai microwave daripada oven utama. Cara ini dapat menghemat daya listrik Anda dan jauh lebih hemat.

3. Matikan elektronik Anda
Meninggalkan televisi, DVD, komputer dalam keadaan stand by sama saja memakan daya yang tidak perlu. Jika benar-benar tidak dipakai sebaiknya langsung dimatikan saja.

4. Matikan pemanas atau AC di kamar kosong
Saat udara dingin atau panas, AC atau pemanas ruangan tentu dibutuhkan. Namun jika Anda tidak menggunakan kamar, sebaiknya matikan alat tersebut. AC dan pemanas membutuhkan daya yang besar bukan?

5. Jangan menyalakan lampu di sepanjang jalan
Anda tentu membutuhkan penerangan di luar agar rumah Anda lebih aman saat malam hari. Namun jangan memasang lampu terlalu banyak karena akan menghabiskan banyak biaya dan energi. Pasang lampu di jalanan atau sudut yang strategis.

Jika Anda mampu menggunakan listrik dengan bijak, maka Anda menyelamatkan keuangan dan energi yang ada di bumi ini.


[vic]merdeka.com

KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: