Yoga, cara efektif tingkatkan sistem imun dalam tubuh


Selama ini, selain untuk relaksasi, Yoga juga dapat membentuk protein baru atau RNA. Ternyata, selain itu, Yoga juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Menurut salah seorang peneliti, Fahri Saatcioglu dari University of Oslo, "Dalam penelitian-penelitian terdahulu, Yoga dapat meningkatkan level molekul dalam tubuh manusia, membuat tubuh rileks dan menciptakan protein atau RNA baru, namun ada sisi keuntungan lain dari Yoga yaitu meningkatkan sistem imun tubuh."

Dalam penelitian lanjutan, seperti dikutip dari Salon (26/04), para peneliti dari Norwegia ini mengambil dua langkah untuk membandingkan efektivitas Yoga dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Dalam percobaan pertama yang melibatkan 10 partisipan di pusat penelitian di Jerman ini mengambil cara melakukan Yoga selama 2 jam dalam sehari dalam 2 hari berturut-turut.

Setelah melakukan Yoga dalam 2 hari, partisipan beralih untuk melakukan satu jam berjalan kemudian mendengarkan musik jazz klasik dengan waktu yang sama.

Dari dua cara tersebut, para peneliti menganalisis sel mononuclear para partisipan dengan fokus pada sistem imunnya. Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa ada 38 gen dalam sirkulasi sistem imun yang meningkat ketika para partisipan sedang berjalan kemudian mendengarkan musik jazz klasik.

Namun, ternyata, dengan melakukan Yoga, ada 111 gen dalam sirkulasi sistem imun para partisipan yang meningkat.

Berlandaskan hasil penelitian tersebut, para peneliti mengatakan bahwa kedua latihan tersebut memang bagus untuk tubuh terutama dalam peningkatan sistem imun, namun apabila menginginkan tingkat imun yang lebih tinggi disarankan untuk melakukan Yoga secara rutin.
[das]merdeka.com

KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: