Aneh Tapi Unik...Pulau ini Bisa Berpindah Tempat dengan Sendirinya

Pernahkah Anda menyangka sebelumnya jika sebuah pulau dapat berpindah-pindah tempat? Percaya atau tidak, pulau berikut ini dapat berpindah tempat dengan sendirinya.
Seperti yang dilansir dari Amusing Planet, Senin (28/4/2014), Schiermonnikoog merupakan sebuah pulau kecil di lepas pantai Belanda yang terus bergerak ke selatan dan timur karena efek kombinasi angin laut. Alhasil, pulau tersebut terlihat seperti bisa berpindah tempat.
Bila kembali pada 762 tahun yang lalu, Pulau Schiermonnikoog berada 2 kilometer ke utara dari posisinya saat ini. Pulau ini sebenarnya tidak benar-benar bergerak, laut mengikis pulau di satu sisi yang menyebabkan pulau memiliki bentuk yang sedikit berbeda setiap harinya.
Nama Schiermonnikoog sendiri merupakan nama yang diambil dari para biarawan yang dulu tinggal di pulau. Kata Monnik berarti biarawan sedangkan Schier adalah sebuah kata kuno yang berarti abu-abu, mengacu pada warna yang biasa digunakan para biarawan, Oog diterjemahkan sebagai pulau sehingga jika digabungkan,Schiermonnikoog dapat berarti pulau para biarawan abu-abu.
Pulau kecil berukuran 16 km dengan lebar 4 km ini merupakan situs taman nasional pertama di Belanda. Satu-satunya desa yang ada di pulau ini disebut dengan nama yang sama, yaitu Schiermonnikoog, dengan penduduk sekitar 1.000 orang yang tinggal secara permanen.
Setiap tahunnya pulau ini dikunjungi oleh 300.000 orang. Jika kamu ingin berjalan-jalan menggunakan mobil di pulau ini, maka kamu akan merasa seperti di jalan bebas mobil, karena di pulau ini hanya terdapat 200 buah mobil.
(Elizabeth Swanti) 




Comments
0 Comments

0 comments: