Alasan Kenapa Menyalakan Lampu Kendaraan Siang Hari ( Fisika )


Sebagian dari kita pasti masih ada yang belum tau kenapa harus nyalain lampu kendaraan di terang hari



Mari kita ingat pelajaran Fisika yang dulu pernah kita pelajari

Menurut ilmu Fisika Perhitungan Kecepatan Cahaya Adalah Sebagai berikut :

cahaya memiliki kecepatan

300.000 km/detik = 1.080.000.000 Km/jam

sedangkan kecepatan suara

hanya 344 m/detik = 1238 km/jam


ini berarti membuktikan respon yang lebih dulu di tangkap oleh pengendara lain adalah cahaya ketimbang suara, sebagai contoh saat agan nyalain lampu kendaraan walau terang hari,cahaya lampu headlamp akan segera terlihat oleh kendaraan lain melalui spion.

Contoh lain bila agan mengendarai mobil pribadi,apalagi dengan window tertutup, secara otomatis suara klakson kendaraan lain pasti tidak terlalu terdengar begitu jelas di dalam mobil. Apalagi kita pasti sering melihat akhir akhir ini pengendara yang senang berkendara sambil mendengar musik misalnya.

Mungkin agan yang mengendarai motor ingin mencoba mendahului kendaraan di depannya, akan tetapi belum tentu klakson yang agan bunyikan terdengar oleh pengendara di depan agan.
Dan inilah cara lain agan memberi sign pd pengendara lain terutama MOBIL yaitu dengan menyalakan lampu kendaraan untuk memberitahu kendaraan lain.

Spoilerfor ilustrasi:


FAQ 

Q: Gan ente polisi ya? 

A: Bukan gan,ane cuma ngeshare Pengetahuan 


Q: Gan ente bantuin polisi ya? 

A: Ga jg gan,sekali lagi cuma ngeshare Pengetahuan 


Q: Gan tu ilmiah dari mana? 

A: Itu ilmu fisika gan 


Q: Gan accunya kan bisa boros? 

A: Bener gan,tp klo kita kecelakaan dan masuk rumah sakit,mahalnya harga accu jd ga sebanding gan. 


Q:Gan kalo siang kan ga keliatan cahayanya? 

A: coba praktekin gan. emang sih cahaya yg di pancarkan ga keliatan tp pantulan cahayanya tetep mantul di spion(cermin) kendaraan yg lain. 


Q: gan kalo lampu dinyalain trus bisa pemanasan global? 

A: wah ane juga ga tau dari mana dasarnya bs pemanasan global, ane cuma mikir kenapa peraturan tu di buat dan berdasarkan apa? 


Q: Owh gitu gan,tapi ane nyalain lampu karena takut di tilang gan? 

A: Gpp gan,urusan menaati peraturan adalah urusan kesadaran masing masing. 


Q: wah trims gan infonya.. 

A: Sama sama gan 


Quote:Ane pengendara juga gan, mengingat Safety Riding itu penting apalagi kita semua masih punya keluarga,sahabat dan temen pasti mereka semua pengen kita selamat.

"Gan ini bisa membuat kita silau", Nih ane kasih penjelasannya : 

Spoilerfor cekidot:

Quote:

Lampu motor membuat silau? 


Kata siapa? Pernahkah anda merasa silau melihat lampu motor lain menyala di siang hari? Lampu motor yang menyala hanya menimbulkan biasan di sekitar sumbernya saja ketika kita melihatnya. Tak akan silau karena sinar lampu tersebut jelas terkalahkan oleh sinar ultra violet. Sinar ultra violet yang dihasilkan matahari meredam cahaya yang dihasilkan bohlam sehingga jarak jangkaunya melemah. 


Quote:

Contoh Uji Coba : 

Coba sesekali ketika macet anda berhenti di belakang mobil berwarna hitam. Perhatikan. Refleksi cahaya lampu motor anda di body mobil tersebut. Bandingkan refleksi tersebut antara siang dan malam. Refleksi cahaya motor anda disiang hari lebih lemah ketimbang refleksi saat malam. Bahkan disiang hari, melalui refleksi di body mobil anda bisa melihat jelas detail lampu motor anda. Ini membuktikan bahwa intensitas cahaya lampu saat siang lebih lemah. So, alasan silau tidak bisa dijadikan alasan kuat untuk membantah atau mencari kelemahan aturan ini. Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar. 


"Gan ini bisa membuat Aki Boros", untuk itu motor sekarang ada ALTERNATOR,lebih jelasnya yuk kita sama sama belajar : 

Spoilerfor Alternator:

Alternator atau generator atau magnetos menghasilkan tenaga listrik AC (alternating current, atau listrik bolak-balik). Arus AC ini dapat digunakan untuk menyalakan headlamp, lampu senja, lampu speedometer, dan juga sistem pengapian


Alternator merupakan komponen pembangkit listrik pada sepeda motor. Fungsinya adalah mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Alternator terdiri dari dua bagian, yaitu 1) stator dan 2) rotor magnet atau flywheel magnet. 


Stator berupa inti (core) besi yang terbentuk atas lapisan plat-plat tipis dengan sejumlah pole yang tersusun melingkar, seperti jari-jari pada roda pedati (kereta kayu yang ditarik oleh sapi atau kuda). Seutas kawat tembaga dililitkan sebanyak sekian lilitan/putaran di tiap-tiap pole. Ada pula stator yang terdiri dari tiga kumparan kawat tembaga untuk menghasilkan tiga arus listrik AC, disebut stator 3-phase. Stator ini bisa dikenali dari tiga kabel berwarna kuning atau putih sebagai jalur output AC. 


Stator bisa memiliki berbagai desain … bisa terdiri dari satu hingga beberapa pole … bisa terdiri dari satu atau lebih kawat tembaga, tergantung spesifikasi output yang diinginkan. Tapi pada dasarnya semua stator memiliki prinsip kerja yang sama. 


Flywheel magnet berupa “mangkok” bermagnet yang terdiri dari sepasang magnet — kutub S (South, Selatan) dan kutub N (North, Utara) — yang bergerak memutari stator. Jika magnet ini bergerak melewati kumparan pada stator akan menghasilkan energi listrik. Besarnya energi listrik ini tergantung dari jumlah lilitan kawat, diameter kawat, kekuatan magnet, juga kecepatan putaran magnet. 

Beberapa sepeda motor ada yang memiliki dua stator, salah satunya biasanya digunakan untuk sistem pengapian. Biasanya motor dengan sistem pengapian AC menganut metode ini. 


Ada juga stator yang dilengkapi dengan pulser — biasanya diletakkan di sisi luar flywheel magnet. Pulser bertugas untuk mengirim “pulsa” atau “denyut” listrik ke CDI sesuai sudut crank melalui satu atau beberapa benjolan (reluctor) yang menempel di sisi luar flywheel magnet. Fungsi utama pulser adalah menentukan timing pengapian. CDI kemudian akan mengalirkan arus listrik ke koil pengapian (ignition coil) sesuai timing pengapian. Di dalam koil pengapian ini tegangan listrik akan dilipat-gandakan hingga lebih dari 10 ribu volt, yang selanjutkan dialirkan ke busi.

KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: