Wanita perokok lebih berisiko kena kanker usus



Kaitan antara kebiasaan merokok dengan kanker paru-paru telah lama diketahui. Kini peneliti juga menemukan bahwa kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko kanker usus besar, terutama pada wanita.
Wanita yang pernah merokok memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker usus besar dibandingkan dengan wanita yang tak pernah merokok. Sementara itu, semakin banyak rokok yang habis setiap hari, semakin meningkatkan risiko wanita terkena kanker usus besar.
"Wanita yang merokok hingga 10 batang sehari meningkatkan risiko mereka terkena kanker usus besar," ungkap ketua peneliti Dr Inger Gram, profesor dari University of Tromso di Norwegia, seperti dilansir oleh US News (30/04).
hasil ini ditemukan oleh peneliti setelah mengamati lebih dari 600.000 partisipan pria dan wanita berusia antara 19 0 67 tahun di Norwegian Institute of Public Health. Partisipan diminta menjawab pertanyaan mengenai kebiasaan merokok mereka, aktivitas fisik, dan faktor gaya hidup lainnya.
Setelah diamati selama lebih dari 14 tahun, sekitar 4.000 orang diketahui memiliki kanker usus besar. Partisipan yang terkena kanker usus besar palin banyak merupakan perokok, terutama wanita. Pada wanita perokok, risiko kanker usus besar meningkat hingga 19 persen, sementara pada pria hanya delapan persen.
Semakin lama wanita merokok, semakin muda dia mulai merokok, dan semakin banyak rokok yang digunakan setiap tahun, semakin tinggi pula risiko wanita terkena kanker usus besar. Bahkan wanita yang telah merokok selama 40 tahun memiliki peningkatan risiko sebesar 50 persen.
Meski begitu peneliti tak mengetahui alasan jelas mengapa efek rokok lebih besar pada wanita dibandingkan pria. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri adalah dengan berhenti merokok secepatnya. Peneliti menjelaskan bahwa rokok hanya memberikan racun pada tubuh dan tak bisa memberikan manfaat.
[kun]merdeka.com


KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: