Dampak buruk garam bagi kesehatan dan solusinya


Makanan akan hambar rasanya tanpa garam. Hal tersebut memang benar. Tak ada masakan yang tidak memakai garam. Namun, penggunaan garam yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan Anda. Simak ulasan mengenai garam dan hubungannya dengan kesehatan, dilansir healthmeup (14/5) berikut.

Berapa jumlah asupan garam yang baik?
Organisasi Kesehatan Dunia Rekomendasi tidak mengonsumsi garam lebih dari 5 gram per hari. Selain itu, Anda juga harus menurunkan ketergantungan pada junk food dan makanan olahan.

Konsumsi garam yang berlebih tidak dapat dikontrol oleh ekskresi ginjal. Asupan sodium lebih dari 1.500 mg secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada orang sehat.

Mengapa garam buruk?
Asupan mineral yang berlebih dapat membahayakan fungsi tubuh. Penggunaan garam berlebihan dapat meningkatkan jumlah sodium di dalam tubuh. Hal tersebut memberikan efek yang serius untuk kesehatan. Meskipun garam digunakan untuk mengobati masalah seperti kerusakan sistem saraf otonom, tetapi jika kebanyakan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti hipertensi, penyakit kardiovaskuler, stroke.

Bagaimana agar aman?
  • Jika Anda memiliki riwayat keluarga tekanan darah, Anda harus menjadi ekstra hati-hati mengenai asupan garam harian Anda.
  • Jika Anda berada dalam kategori aman, tetap jaga kadar garam yang Anda asup. Jangan ditambah atau dikurangi
  • Selain mempertahankan diet yang sehat, termasuk banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, berolahraga secara teratur dan pergi untuk rutin check-up.
Garam bisa menjadi sahabat dapur namun juga bisa membunuh Anda kapan pun. Untuk itu perhatikan asupan garam dalam menu harian Anda.
[vic]merdeka.com


KliK DI BAWAH INI:




Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: