Tersangka Bom Boston: Saya persembahkan hidup saya untuk jihad


Tamerlan Tsarnaev, 26, tersangka pelaku Bom Boston asal Chechnya, yang tewas dalam baku tembak dengan polisi Kamis malam sempat mengunggah sejumlah video ke situs YouTube Agustus tahun lalu. Lima bulan lalu dia membuat daftar klip lagu dia sebut Teroris.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (19/4), dalam daftar lagu yang dia buat itu menunjukkan Tamerlan terpengaruh aliran radikal Islam.

Di antara sejumlah video lagu yang dia buat itu terdapat sebuah lagu berjudul "Saya Persembahkan Hidup Saya untuk Berjihad". Dalam daftar video di YouTube itu juga dia memasukkan sejumlah video orang masuk Islam.

Tamerlan dan adiknya, Dzhokhar Tsaenaev, 19, diyakini memiliki pengalaman militer di luar negeri. Stasiun televisi NBC 4 New York melaporkan Tamerlan pernah pergi selama enam bulan melalui bandar udara John F. Kennedy menuju Ibu Kota Moskow pada Januari tahun lalu. Dia kembali tiba di bandara itu Juni tahun lalu.

Sejumlah dokumen menunjukkan foto Tamerlan berjanggut. Menurut catatan dia lahir pada 21 Oktober 1986 dan pertama kali masuk Amerika pada 19 Juli 2003.

Masih menurut NBC, Tamerlan mendapat izin tinggal tetap pada 2007 dan pada 11 September tahun lalu dia mendapatkan kewarganegaraan Amerika, tepat sebelas tahun setelah peristiwa serangan 11 September.

Tak hanya itu Tamerlan juga dikenal sebagai seorang petinju dan sering mengikuti pertandingan. Dia bahkan sempat mewakili New England dalam kompetisi tinju di Kota Utah pada 2010.

Dia juga pernah berharap bisa terpilih dalam tim Olimpiade Amerika untuk cabang tinju. Selain itu Tamerlan juga diketahui menyukai musik serta bisa bermain piano dan biola.
[fas]

Comments
0 Comments

0 comments: