Takut gendut? Hindari 6 hal ini!


Mengontrol berat badan itu tidak semudah yang dibayangkan. Butuh komitmen dan konsistensi untuk membuat berat badan tetap terkendali. Dan untuk menjaga berat badan tetap dibawah kontrol, pola hidup sehat harus selalu dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari jika tak ingin menderita kelebihan berat badan, seperti dilansir Yahoo! Shine.

1. Terlalu banyak atau sedikit tidur

Menurut para peneliti dari Wake Forest, mereka yang tidur 5 jam (atau kurang) saat malam 2,5 kali lebih berisiko memiliki lemak di perut. Idealnya, seseorang harus memiliki 6-7 jam waktu tidur saat malam.

2. Minum soda

Studi tahun 2009 menunjukkan minum satu atau dua gelas soda setiap hari dapat meningkatkan risiko obesitas sampai 33 persen. Dan diet soda bukan jawaban yang tepat untuk mengontrol kenaikan berat badan karena adanya kandungan pemanis buatan.

3. Makan terlalu cepat

Perut membutuhkan waktu 20 menit untuk memberi tahu otak bahwa ia sudah kenyang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Dietetic Association menyebutkan makan dengan ritme yang lambat membuat seseorang merasa lebih kenyang.

4. Nonton TV berjam-jam

Studi yang dilakukan oleh Universtas Vermont menemukan mereka yang mengurangi jam nonton TV mengalami pembakaran kalori hingga 50 persen atau setara dengan 119 kalori per hari. Dalam studi ini, para peneliti juga menyebutkan kebiasaan nonton TV selama berjam-jam sangat berkaitan dengan kebiasaan ngemil yang tidak terkendali.

5. Makan dengan piring besar

Sebuah studi menemukan 98,6 persen orang obesitas makan dengan piring besar. Piring besar membuat seseorang makan lebih banyak dan itu berarti akan ada lebih banyak kalori yang masuk ke tubuh.

6. Makan dalam gigitan besar

The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang makan dalam gigitan besar mengonsumsi 52 persen kalori lebih banyak dibanding yang makan dalam gigitan kecil. Dengan memakan makanan Anda dalam gigitan kecil, Anda bisa mengontrol nafsu dan porsi makan.

Inilah beberapa hal yang harus Anda hindari jika tak ingin menderita kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan bukan hanya tentang tidak menjadi cantik atau seksi, namun ini lebih kepada kesehatan tubuh Anda sendiri.
[des]

merdeka.com

Comments
0 Comments

0 comments: