Pangeran Willem-Alexander dinobatkan jadi raja Belanda hari ini


Jutaan warga Belanda hari ini akan memadati jalanan Ibu Kota Amsterdam untuk menyaksikan penobatan putra Ratu Beatrix, Pangeran Willem-Alexander, 46, menjadi Raja Belanda.

Ratu berusia 75 tahun yang telah berkuasa selama 33 tahun itu mengumumkan akan menyerahkan takhta kerajaan kepada putranya pada Januari lalu.

Pada Senin malam dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Belanda melalui siaran televisi, seperti dilansir skynews.com, Selasa (30/4). Dalam pidatonya dia meminta segenap warga Belanda mendukung putranya dalam menjalankan takhta kerajaan.

"Kini putra saya akan mengambil alih tanggung jawab penting ini. Besar harapan saya seluruh rakyat mendukung pasangan kerajaan ini dengan penuh cinta dan kepercayaan," kata Beatrix.

"Saya yakin Willem-Alexander akan menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati seperti layaknya seorang raja."

Beatrix juga menyampaikan rasa terima kasih kepada suaminya, mendiang Pangeran Claus (wafat pada 2002) yang telah mendidik anaknya menjalani perubahan zaman di tengah masyarakat.

"Pangeran Claus telah membawa negeri kita sesuai zaman," kata dia. "Sejarah mungkin akan menunjukkan pilihan suami saya adalah yang terbaik."

Ratu Beatrix rencananya akan menandatangani pernyataan turun takhtanya pada pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 16.00 waktu Indonesia hari ini, sekaligus penobatan putranya menjadi raja.

Keduanya akan muncul di balkon Istana Kerajaan di Dam Square dan akan menyampaikan pidato singkat. Istri Pangeran Willem-Alexander yang berusia 41 tahun, Maxima asal Argentina, otomatis akan menjadi ratu Belanda.

Pangeran Willem-Alexander akan menjadi raja Belanda Pertama sejak Willem III wafat pada 1890.
[fas]merdeka.com

KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: