Mobil murah Ayla dirakit bareng Xenia


Keunikan dari pabrik Daihatsu adalah satu line bisa memproduksi bermacam model mobil. Calon mobil murah Ayla pun bisa saja dirakit bersama MPV terlaris kedua di Indonesia, Daihatsu Xenia. Bahkan, pabrik mereka yang di Sunter bisa satu baris memproduksi 60 varian berbeda.
"Pabrik kita itu sebenarnya merupakan pabrik yang fleksibel, di mana di dalam line tersebut tidak hanya diproduksi satu model, tetapi bisa beberapa model. Seperti kayak di sini, Xenia, Agya, maupun Ayla. Di Sunter ada Terios dan Xenia. Kita buat pabriknya sangat fleksibel," ujar Manufacturing Director PT Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo.
Pongky Prabowo menyebut bahwa proses ini membutuhkan skill yang mumpuni sehingga perlu pelatihan-pelatihan secara bertahap dan bersifat khusus.
"Sebagai contoh, untuk Sunter, ini bahkan ada line yang sampai 60 varian. Modelnya ada dua, tetapi sampai 60 varian. Nah, ini memerlukan skill khusus sehingga mereka memiliki kemampuan yang sangat mumpuni," tambahnya.
Pabrik dengan baris produksi fleksibel ini dengan demikian sangat menguntungkan karena tergantung market itu. Pihak Daihatsu pun dengan demikian mudah mengarahkan lini produksi sesuai pesanan. Hal ini merupakan keunggulan Daihatsu sehingga semua kebutuhan market itu diharapkan dapat terpenuhi di pabrik mereka.
Pembangunan pabrik baru di Karawang itu sendiri telah menelan biaya investasi lebih dari Rp 2,1 triliun sejak pemancangan tiang pertama tahun lalu. Secara bertahap, Daihatsu akan memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun dan akan menambah kapasitas produksi total pabrik Daihatsu di Indonesia dari 340.000 unit per tahun menjadi 460.000 unit per tahun.
Sumber: Otosia.com




Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: