Menguak Rahasia-Rahasia Kecil Superman


Siapa sih yang tidak kenal tokoh satu ini? Sebuah survei bohong pernah membandingkan ketenaran tokoh super hero ini dengan ikon pop Michael JacksonDan hasilnya? Kemenangan tipis untuk Superman! Apakah anda setuju dengan hasil survei ini? Entahlah… kamipun di Superman Watch masih meragukannya, karena dari apayang kami dengar, kemenangan tersebut ditentukan satu faktor dimana ada seseorang berusia lebih dari 60 tahun yang masih keukeuh menggunakan ejaan Suwandi mengira Michael Jacksonadalah nama sebuah restoran cepat saji! (McD = Michael Djackson!)


Tapi lupakanlah hasil survei ngarang itu. Bagaimanapun kita setuju kalau Superman adalah salah satu tokoh paling terkenal di dunia bukan? Masalah nomor satu atau ke sekian, biarlah tak perlu menjadi masalah.



Karena meskipun demikian terkenalnya, tokoh ini ternyata masih menyimpan banyak hal yang tidak diketahui publik. Untuk mengungkap hal-hal inilah, dengan didanai Luthor Corp. sebuah timSuperman Watch melakukan penelusuran fakta-fakta sejarah, meneliti jejak-jejak sang manusia baja sejak di desa Smallville sampai ke Java Island, menyelusup kubu rahasianya sampai membongkar perpustakaan Kongres Amerika Serikat, dan akhirnya berhasil mengungkap rahasia-rahasia kecil superhero kita…
Ups, bahkan kalau anda telah membacanya, mungkin fakta-fakta ini akan menjadi…
RAHASIA-RAHASIA TERBESAR SUPERMAN!
Penasaran? Sammm..a!
* * *

Makna Lambang S pada Kostum Superman
Kalau ada angket yang menanyakan makna lambang S yangdiletakkan di dada sang superhero, dengan pilihan jawaban : a) S melambangkan huruf pertama dari kata SUPERMAN; b) S melambangkan kata Singosari, dan; c) S merupakan lambang keluarga El dalam aksara Krypton, maka bisa dipastikan 8 dari 10 (atau bahkan 9 dari sepuluh!) akan memilih jawaban pertama.
Mungkin anda pun akan memilih demikian, kecuali… anda tahu fakta-fakta berikut.
Perlu diingat, hipotesis yang mempertanyakan makna lambang S ini lahir dari asumsi yang sangat beralasan. Seperti kita ketahui, Superman merupakan karakter yang digambarkan sangat rendah hati. Meskipun memiliki kekuatan super yang sangat dahsyat, tetapi tidak pernah ditemukan kecenderungan di dalam diri Superman untuk menyombongkan diri, atau menyalahgunakan kekuatannya untuk kepentingan-kepentingan pribadi.
Dari fakta ini tentu sungguh mengherankan kalau dari sosok yangdemikian humble, kemudian menyebut dirinya dengan sangat sombong sebagai “Manusia Super”.
Hm… pernyataan yang masuk akal bukan?
Dari asumsi inilah kemudian team Superman Watch mencoba menelusuri makna lambang S yang sebenarnya, dan inilah hasil penemuannya :



1. Dalam film Superman The Movie (1978), ketika adegan-adegan awal menggambarkan ilmuwan Jor-El (diperankan Marlon Brando) mengungkapkan bahaya yang dihadapi planit Krypton pada Dewan Krypton (Krypton Council) terlihat setiap anggota dewan menggunakan lambang-lambang di dada mereka. Dan lambang apa yang digunakan Jor-El? Tepat! Serupa dan sebangun dengan lambang yangdigunakan Superman!



Dari fakta ini munculah teori pertama yang berpendapat bahwa lambang S yang digunakan Clark Kent saat menjadi superhero sesungguhnya adalah lambang keluarga El dalam aksara Krypton. 

Informasi yang dikumpulkan dari sumber terpercaya (situs imdb dot com), diketahui bahwa usulan penggunaan lambang pada Jor-El ini berasal dari kepala Marlon Brando! What an amazing fact! Usulan asal yang merusak kontinuitas? Ataukah ini sekedar upaya rekayasa lain untuk menutupi fakta yang sebenarnya?

Tapi mengingat fakta lain bahwa yang membuat kostum adalah ibu angkat Kal-El di bumi (Ma Kent), maka fakta ini masih menyisakan pertanyaan :

Bagaimana ceritanya sampai Ma Kent bisa mengetahui aksara Krypton tersebut?

Dari pertanyaan inilah muncul spekulasi atau teori kedua yangmencoba menerangkan asal usul dan makna sebenarnya dari lambang tersebut.

Oh ya… tentu saja jawaban yang mencoba terdengar logik akan mengatakan lambang tersebut tertera di pesawat yang ditemukan Pa & Ma Kent di ladang Smallville, atau mungkin di rajah di bagian tertentu si Kal-El kecil.

Tapi itu tetap hanya satu kemungkinan kan? Dan lebih bijak kalau kita memperhitungkan juga kemungkinan yang lainnya. Lagipula agak-agak terlalu riskan membayangkan kalau lambang yangbegitu melegenda hanya disebabkan berbagai kebetulan.

Sungguh sangat kebetulan kalau niat Jor-El mengabadikan lambang keluarganya kemudian direspon secara nge-pas banget oleh seorang wanita desa. Kebetulan juga kalau kemudian Ma Kent berhasil mengapresiasi lambang itu dengan format yang sesuai (bayangkan kalau S nya terputar 90 derajat), kebetulan lain lagi kalau S itu cocok dengan akronim Superman, dan yang paling kebetulan adalah kemudian lambang itu sama-sama diletakkan di dada!


*contoh kalau kebetulan Ma Kent punya inspirasi yang berbeda dengan Jor-El*

Berdasar kecurigaan itu, maka baik kiranya kalau kita juga memperhitungkan teori-teori lain yang mencoba menerangkan makna lambang S tersebut.

2. Teori *ngarang* kedua, terfokus bukan pada asal-usul bayi ajaib bernama Kal-El, melainkan pada silsilah keluarga Kent. 
Melalui penelusuran yang njlimet tentang akar keluarga Kent, akhirnya team berhasil mengarah pada fakta tersembunyi bahwa keluarga Kent sebenarnya masih keturunan raja-raja Jawa, yangujung-ujungnya merujuk pada sosok pasangan legendaris

Ken Arok dan Ken Dedes! 

Dari penelusuran ini, teori kedua berspekulasi bahwa sebenarnya huruf S yang menjadi lambang itu sebenarnya berasal dari kata


Singosari! Whoa… !



Teori ini kemudian melahirkan spekulasi lain bahwa lambang S itu sebenarnya bukan merujuk pada “huruf” atau “aksara”, (baik aksara Krypton, Latin atau Palawa) melainkan sebuah ikon yangmelambangkan bentuk keris yang mengingatkan pada legenda


Keris Mpu Gandring yang kesohor itu.


Jadi kalau Supes berperan penting dalam gonjang-ganjingnya dunia DC (DC Universe) dalam berbagai Crisis, berperan penting dalam kematian orang-orang yang dekat dengannya, atau bahkan mengalami kematian yang tragis (dalam Doomsday), janganlah heran!

#

Mungkin ini memang suratan takdir yang menimpa sang manusia super, terkait dengan legenda keris Mpu Gandring yang terkenal sebagai pembawa bencana itu!


#
# 3. Disamping dua teori di atas, sebenarnya ada dua teori lain.
Meski sudah ditolak karena ke-absurd-annya. Tapi dalam kerangka pemaparan yang komperehensip, maka dua fakta ngaco ini tetap perlu dicantumkan. Karena betapapun telah ditolak, namun sebagai sebuah teori tetap masih sangat terbuka kemungkinan apabila pembaca dapat menemukan fakta lain yang mendukungnya. 


Satu teori menyatakan bahwa huruf S merupakan lambang dari kata Stop! yang merujuk pada fakta bahwa Clark dengan kekuatannya yang luar biasa sebenarnya mempunyai cita-cita yangsangat sederhana, yaitu menjadi Polisi Lalu Lintas!

 

*dari kecil cita-citanya emang ngangkatin mobil? apa jadi… dongkrak?*


Tapi teori ini cepat disanggah dengan menunjukkan bukti-bukti bahwa kalau memang Clark Kent ingin membaktikan dirinya untuk menindak para pengemudi yang berhenti seenaknya di jalanan, atau menggunakan kekuatannya hanya sebagai penderek mobil-mobil tersebut, maka sebenarnya lambang yang paling tepat bukanlah S, melainkan S coret atau bahkan P coret!


 

6.


*Ginilah kalo superman jadi tukang parkir….
Ngg… ‘ntu mobil aye mo dibawa kemane pak sup? *
Teori lain yang juga telah tertolak, menyebutkan bahwa lambang S itu digunakan karena kalau menggunakan M, L atau XL, maka Supes akan kerepotan dalam memberantas kejahatan, disebabkan masalah sepele :


kostum yang kedodoran!




Tapi teori ini juga cepat disanggah, karena mengingat postur tubuh Clark yang luar biasa bagi ukuran umum. Kalau ukuran segitu dianggap merepresentasikan ukuran S (Small), maka betapa sok imutnya dia! Dan pasti akan mendapat cercaan, atau bahkan protes dan demontrasi yang berkepanjangan (yang bisa menjurus jadi vandalis!) dari persatuan desainer dan perusahaan garment sedunia.


Segitu dibilang S sih, bener-bener ngarusak standarisasi ukuran garment!



Kesimpulan :

Meskipun masih sulit dibuktikan secara pasti, namun makna lambang S yang menjadi ikon (boleh jadi) paling terkenal sedunia ini, rasanya masih perlu ditelusuri lebih lanjut. Yang jelas, penemuan team Superman Watch rasanya akan merombak berbagai pemahaman yang (terlanjur) beredar di publik selama ini.


Tapi implikasi terbesar atas penemuan ini justru melanda Team Superman Watch sendiri. Berbagai spekulasi yang muncul membuat team kebingungan untuk merombak nama team, apakah sebaiknya menjadi El Watch, Singosari Watch, Keris Mpu Gandring Watch, atau apa?
Atau anda ada usul yang lebih baik?
 


      


 

Jangan lupa di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: