Memotong tali pusar terlalu cepat bahayakan kesehatan bayi?


Memotong tali pusar bayi terlalu cepat diketahui bisa berakibat negatif bagi bayi. Para ahli menjelaskan bahwa memotong tali pusar terlalu cepat setelah bayi lahir bisa membuat bayi berisiko kekurangan zat besi.
Padahal hingga saat ini memotong pusar bayi segera setelah dilahirkan telah menjadi prosedur dasar yang dilakukan oleh para ahli medis. Prosedur yang ada saat ini berdasarkan kesepakatan yang dibuat pada tahun 2007 ketika para ahli menyetujui bahwa memotong tali pusar segera adalah pilihan terbaik. Namun profesional dan para ahli menjelaskan perlunya perubahan dalam prosedur tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG) yang diterbitkan pada tahun 2009 menjelaskan bahwa bayi yang tali pusarnya dipotong sesegera mungkin saat lahir memiliki risiko kekurangan zat besi hingga berusia enam bulan.
Zat besi diketahui sangat penting bagi awal perkembangan otak bayi. Kekurangan zat besi bisa berakibat buruk, terutama menyebabkan masalah perkembangan otak pada bayi.
Membiarkan tali pusar tetap tersambung selama beberapa menit memberikan kesempatan darah untuk masuk ke tubuh bayi. Beberapa ahli menyarankan untuk menunggu hingga tali pusat berhenti bekerja secara alami, sekitar dua sampai lima menit setelah kelahiran. Saat ini, beberapa rumah sakit di Amerika Serikat telah mulai mengubah kebiasaan tersebut.
"Penelitian menunjukkan bahwa menunda memotong tali pusar bayi minimal 30 detik bisa bermanfaat bagi bayi untuk mencegah terjadinya anemia. Ini memberikan kesempatan untuk darah agar bisa masuk ke tubuh bayi, terutama pada kasus bayi yang lahir prematur," ungkap juru bicara RCOG, seperti dilansir oleh BBC (26/04).
Belinda Phipps, eksekutif dari National Childbirth Trust (NCT) menjelaskan bahwa ketika bayi lahir, sepertiga darah mereka masih ada dalam plasenta. Memotong plasenta terlalu cepat bisa menyebabkan bayi kehilangan darah dan menderita kurang darah di kemudian hari.
[kun]merdeka.com

KliK DI BAWAH INI:



Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: