Lupakan suplemen, cara ini lebih ampuh menyehatkan otak


Suplemen seperti minyak ikan dan herba gingko biloba tidak mampu mencegah degradasi kognitif otak. Namun latihan mental sederhana, seperti bermain sudoku, lebih ampuh menyehatkan otak, demikian menurut penelitian terbaru.
Penelitian yang dilakukan para ahli dari St Michael's Hospital tersebut tepatnya mengulas beberapa penelitian klinis mengenai obat-obatan herba dan vitamin yang mampu mengurangi risiko penurunan kognitif pada lansia. Tetapi ternyata peneliti menemukan bahwa bermain teka-teki silang dan sudoku lebih ampuh menyehatkan otak para lansia.
Selain suplemen vitamin dan obat-obatan herba lainnya, olahraga fisik, seperti latihan kekuatan, juga tidak begitu berpengaruh dalam mengurangi risiko penurunan kognitif otak.
Justru latihan mental menjadi satu-satunya aktivitas yang menunjukkan bukti kuat dalam menjaga kesehatan kognitif lansia. Sebab aktivitas tersebut melibatkan latihan dalam mengingat, memproses, dan berpikir.
"Lupakan saja suplemen yang ditawarkan di pasaran, cara ampuh menjaga kesehatan kognitif otak justru bisa dilakukan dengan bermain sudoku atau teka-teki silang," tegas Dr Raza Naqvi, kepala peneliti, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Selain rajin bermain sudoku, peneliti menyarankan agar lansia juga menjaga keseimbangan pola makan, olahraga teratur, mengontrol berat badan, dan rajin melakukan pemeriksaan kesehatan.
merdeka.com
      



Comments
0 Comments

0 comments: