Keriput dan jelek, jari tangan yang terendam air 10 hari


Kulit di jari-jari tangan biasanya sedikit keriput setelah Anda berendam selama beberapa menit saat mandi atau di kolam renang. Lantas bagaimana jika kulit harus terendam dalam air selama 10 hari berturut-turut?
Tim Yarrow pernah merasakannya pada November 2002 silam. Saat itu, ia sengaja berendam dalam kolam renang kecil yang terletak di mal Afrika Selatan.
Tujuan Yarrow sebenarnya adalah untuk memecahkan rekor dunia. Usahanya pun tidak sia-sia. Yarrow berhasil bertahan hidup terendam air selama 240 jam dan mengalahkan rekor sebelumnya - 212 jam 30 menit oleh Michael Stephens dari Inggris tahun 1986 silam.
Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, saat itu Yarrow baru bersua 30 tahun saat merendam dirinya dalam air. Yarrow pun harus makan dan buang air melalui tabung.
Namun hal mengejutkan adalah kondisi kulit jari tangan Yarrow yang berubah menjadi keriput dan jelek. Menurut ahli biologi, Carin Bondar, hal itu terjadi karena jumlah jaringan kulit yang berlebihan.
"Kulit di tangan dan kaki kita cepat kering. Jadi kita punya banyak lapisan sel kulit mati," terang Bondar.
Sementara itu, ekologi asal Inggris, Ellie Harrison, menuturkan kalau sel kulit mati tersebut bekerja seperti spons.
"Alasan kenapa kulit bisa keriput dan jelek seperti itu adalah karena kulit dilapisi sel keratin yang sudah mati dan mereka menyerap air lebih banyak daripada jenis sel yang lain," kata Harrison.
Berendam beberapa menit dalam air saat mandi tidak masalah. Namun jika 10 hari, seperti yang Yarrow lakukan, ada bahaya yang mengancam.
"Kulit bisa lecet, infeksi, dan terkena berbagai macam penyakit," tambah Harrison.
Untungnya, Yarrow tidak mengalami luka serius akibat percobaan pemecahan rekor dunia yang dilakukannya.
[riz]merdeka.com




Jangan lupa Comment N Di share yah :)

Comments
0 Comments

0 comments: