Jepang teliti kenapa warganya bisa berumur panjang


Jiroemon Kimura, yang lahir pada tahun 1897, adalah satu dari 95 orang yang berusia 100 tahun yang dapat ditemukan di antara 60.000 warga yang tinggal di Kota Kyotango, Jepang.

Kimura baru-baru ini menerima kunjungan dari Walikota Kota Kyotango Yasushi Nakayama pada perayaan ulang tahunnya yang ke-116. Bukan tanpa alasan walikota datang mengunjungi Kimura. Pejabat setempat rupanya ingin menemukan rahasia panjang umur Kimura dkk dan telah meluncurkan sebuah proyek penelitian untuk mengungkapnya.

"Motto Kimura dalam hidup adalah 'makan sedikit dan berumur panjang'," kata Yasushi, sebagaimana diberitakan oleh thenews.com.pk (19/4).

Walikota Kyotango juga menyatakan bahwa dirinya ingin meneliti kebiasaan makan yang tidak hanya dilakukan Kimura, tetapi juga sekitar 50 orang lainnya yang telah berusia lebih dari 100 tahun di kota tersebut.

"Kami tertarik dengan apa yang mereka makan dan seberapa banyak porsinya. Kami juga sangat tertarik untuk meneliti berapa banyak garam yang mereka konsumsi," papar Yasushi.
Yasushi juga tertarik untuk mengetahui apa jenis makanan lokal yang disukai oleh Kimura dkk dan mungkinkah itu yang membuat mereka hidup lebih lama.

Pemerintah kota Kyotango berencana untuk menyusun sebuah buku resep berdasarkan penelitian tersebut dan mengungkap hasil temuan mereka pada sebuah simposium yang membahas tentang umur panjang pada bulan November mendatang.
sumber : [des]merdeka.com

Comments
0 Comments

0 comments: