Ini cara jitu memilih parfum (tips)


Pedoman memilih parfum dan istilahnya


Eau de Cologne, Eau de Toilette dan Eau de Perfume,apa bedanya?

Banyak orang, tak terlalu peduli apa itu Eau de toilette, Eau de parfume ataupun Eau de cologne. Bagi mereka yang penting sebuah parfum bisa membuat tubuh mereka menjadi harum. Pada intinya, semuanya ini berfungsi sebagai wewangian, meski memiliki konsentrat atau kadar essence yang berbeda.

Eau de cologne merupakan wewangian paling ringan dan tidak tahan lama karena mempunyai campuran cairan dan alkohol yang lebih banyak dari essence-nya. Fungsinya hanya untuk menyegarkan aroma tubuh. Berbeda dengan Eau de toilette yang memiliki kadar alkohol lebih banyak dibanding essence-nya dan wanginya tidak begitu tahan lama. Sedangkan, Eau de parfume adalah wewangian dengan kadar essence paling tinggi dari dua jenis lainnya. Wanginya juga lebih menyengat namun dapat bertahan lama.

Bukan hanya berpengaruh pada kekuatan aroma, tapi juga pada kegunaan dan harganya. Jenis eau de perfume memiliki selisih harga yang cukup menyolok (dibanding dengan eau de toilette atau eau de cologne), karena konsentrat atau kadar essence-nya lebih tinggi.


5 Jenis wewangian

PERFUME
Mengandung 15 - 30 % konsentrat parfum. Wanginya dapat bertahan hingga enam jam dan harganya paling mahal diantara jenis wewangian lainnya.

EAU DE PERFUME
Kandungan konsentrat di dalamnya sekitar 8 -15 % saja. Aromanya tidak sekuat perfume, namun cukup bertahan pada kulit.

EAU DE TOILETTE
Kandungan konsentratnyanya sekitar 4 - 6 % dan hanya bisa bertahan sampai 2 - 4 jam saja. Harga lebih terjangkau dan harus disemprotkan berulang untuk menjaga ketahanan aroma.

EAU DE COLOGNE
Kandungan konsentratnya sekitar 3 % dan biasanya digunakan setelah mandi sebagai penyegar dan pengharum tubuh.

BODY MIST
Wewangian bebas alkohol paling lembut dengan harga terjangkau. Biasa dikenal dengan sebutan body spray.


Perfume Ingredients 

Top note
Muncul dalam 5 - 10 menit sesudah disemprotkan. Aroma wangi top note adalah yang paling kuat bila dibanding middle note dan base note. Lapisan ini biasanya terdiri dari aroma green, citrus, aldehyde dan soft floral.

Middle note
Aroma harum akan muncul 30 menit setelah disemprotkan. Di lapisan ini, hampir semua zat alkohol sudah menguap. Middle note merupakan jantung dari sebuah parfum. yang biasanya mengeluarkan aroma floral.

Base note
Harumnya akan tercium sekitar 2 jam sesudah disemprotkan dan membantu mengikat aroma secara keseluruhan. Wangi kayu seperti cedarwood, sandalwood dan vanilla biasanya ditempatkan di base note.

Missing note
Adalah zat kimia pada kulit yang menentukan intensitas dan ketahanan aroma pada minyak wangi. Inilah yang menyebabkan mengapa wangi yang dikeluarkan berbeda di kulit setiap orang.

sumber : merdeka.com

Comments
0 Comments

0 comments: